Monday, September 9, 2013

Visibility Below Minima

Apakah itu? Seperti biasa, alexander soewondo akan membahas tidak menggunakan bahasa teknis maupun definisi, melainkan bahasa sehari-hari untuk memudahkan temen2 yg awam dunia penerbangan menjadi paham. Visibility belom minima adalah jarak pandang dibawah standard, bahasa gampangnya. Emang standardnya berapa? Nanti kita bahas satu per satu secara aktual, tajam, dan terpercaya.

Beberpapa waktu yg lalu kejadian seperti ini pernah ane alami, pesawat yg ane tumpangi dari Jakarta ke Tanjungpinang terpaksa ditunda keberangkatannya. Gara2 kabut asap menyelimuti Tanjungpinang yg membuat jarak pandang kurang dari seribu meter. Apalagi jadual keberangkatan pesawat dari Jakarta yg ane tumpangi itu menjelang maghrib sehingga sampai di Tanjungpinang malam hari. Menambah khawatir kru sehingga akhirnya diputuskan untuk menunda penerbangan hingga besok pagi.

Wah, kasus berat. Karena ini adalah kejadian alam dan menurut UU No. 1 tahun 2011 Tentang Penerbangan bukan merupakan kesalahan dari Maskapai Penerbangan, maka biaya nginep di Hotel menjadi tanggungan masing2 penumpang. Untung bawa duit, untung juga ane bawa baju ganti, untung juga ada kawan jadi nginep di Hotelnya bisa patungan, untung masih belum terlalu malem jadi masih bisa cari makanan, pokoknya masih untung lah.

Sebenarnya gimana sih aturan “tentang visibility below minima” itu? Koq sampe pilotnya gak mau terbang gara2 kabut asap? Gini Bos, visibility below minima itu diatur oleh pemerintah melalui CASR (Civil Aviation Safety Regulation) atau yg kalo dibahasa Indonesiakan adalah PKPS (Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil). Menurut CASR part 91, apabila tidak ada penetapan visibility minimum dari Otorita Bandara, maka pesawat IFR (Instrument Flight Rules) mengikuti aturan CASR, sebagai berikut :

Untuk pesawat selain helicopter yg memiliki engine 2(dua) buah atau kurang, maka visibility minimum nya adalah 1,6 km alias 1600 m.
Lha kalo pesawat yg punya lebih dari 2 engine, visibility minimum nya adalah 0,8 km alias 800 meter
Dan untuk helicopter, visibility minimumnya 800 meter.

Jadi kalo kasus yg ane alami beberapa waktu yg lalu itu, visibility di Bandara RHF Tanjungpinang dibawah seribu meter ya wajar kalo Pilotnya gak mau berangkat. Pilot harus taat aturan, karena tanggung jawab penerbangan sepenuhnya ada di Pilot.  Kalo Pilot berani melanggar, artinya dia bakal kena sanksi, sanksinya ya macem2 dari sekedar license nya dicabut sementara sampai bisa dicabut permanen, lha itu artinya kan mas pilot gak kerja, kalo gak kerja artinya gak dapet duit, kalo gak dapet duit kan anak istri terlantar gak makan. Jadi kalo ada kejadian seperti ini menimpa ente2 pada, jangan langsung emosi trus nyalahin pilot yg gak mau terbang, doi gak mau terbang ada alasannya Cuy, gak sembarangan, ini demi keselamatan kita semua para penumpang plus kru pesawat. Kalo mau nyalahin, salahin tuh si tukang sate (uuupppsss... sori bukan tukang sate), salahin yg ngebakar lahan di Sumatera dan Kalimantan, mau buka kebon aja koq nyusahin orang banyak.

Dari kejadian tersebut, ane justru dapet pelajaran berharga, salah satunya dalam urusan barang bawaan kalo kita berangkat pake pesawat. Ane selalu masukin pakaian satu stel ke tas (kebetulan yg ane bawa adalah tas laptop) yg ane bawa masuk ke kabin. Dan ternyata disaat tertentu ada gunanya juga. Ane gak harus ngurus bagasi buat ambil baju ganti. Selain itu, ya kita mesti bawa duit lebih untuk kondisi yg tak terduga. Misalnya seperti kasus ini, ane mesti bayar hotel, bayar taksi, beli makan, dan lain2.

Dibalik kesulitan yg Allah berikan kepada kita, ternyata Allah memberikan banyak pelajaran untuk kita agar kita semakin kuat dalam menghadapi hidup, semakin tenang dalam situasi sulit, dan semakin dewasa dalam bertindak.

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...